Jumat, 20 Juli 2012

UAS : Posisi Menentukan Prestasi

Sesi ujian sudah selesai, saat liburan sudah tiba. Nah wajah tegang, perasaan gelisah yang kemarin tampak sudah hilang semua dong. Hati sudah lega walau belum sepenuhnya lega sih karena nilai belum keluar. Hehehe
Dalam ujian itu selalu ada slogan “posisi menentukan prestasi”, kira-kira bener atau tidak sih? Asal tahu saja nih, ternyata slogan itu ada benarnya juga loh.
Pernah waktu di tingkat satu dulu, ada dosen yang bilang kalau ternyata posisi benar-benar menentukan prestasi. Banyak dosen yang lebih menaruh perhatian kepada mahasiswa yang berada di dua baris terdepan. Karena itu biasanya dosen lebih ingat kepada mahasiswa yang ada di baris tersebut dibandingkan mahasiswa yang memilih untuk duduk di belakang.


Dan dalam ilmu psikologi, bangku terdepan memiliki tingkat tekanan yang lebih besar. Karena secara tidak langsung kita akan merasa diperhatikan oleh dosen atau guru saat kita melalukan sesuatu. Hal ini memberikan sedikit gambaran bahwa duduk dibangku paling depan biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang memang benar ingin belajar atau setidaknya lebih memiliki motivasi dibandingkan dengan teman-temannya yang duduk dibangku paling belakang.
Sedangkan saat ujian - khusus bagi mahasiswa – posisi duduk sangat membantu dalam mementukan prestasi. Sebetulnya itu karena adanya budaya contek dalam ujian makanya istilah ini lahir. Duduk dekat teman yang pintar akan membuat kita dapat mencontek jawaban mereka, hal ini sih jangan ditiru ya! Kita harus tetap percaya diri dimana pun posisi duduk kita saat ujian nanti.
Tapi dari sisi lain, memang benar posisi duduk saat ujian akan berpengaruh kepada prestasi kita. Kalau orang itu tidak terbiasa atau tidak kuat tekanan biasanya akan duduk menjauh dari pengawas ujian. Kalau orang itu ingin duduk dengan posisi aman biasanya cari bari di tengah-tengah. Atau kalau memang ada posisi kesukaan yang bisa bikin orang tersebut lebih focus dalam berpikir, maka dia pasti akan duduk di posisi tersebut.
Kira-kira ini yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat deh. Ingat untuk selalu percaya diri dan jangan lupa berdoa sebelum melakukan kegiatan ya.


Depok, Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar