Jumat, 20 Juli 2012

Softskill dalam Piala Eropa

Banyak orang berpikiran “apa hubungannya?” saat membaca judul dari artikel ini. Baiklah memang tidak secara langsung hubungannya, tapi softskill itu memang benar berhubungan dalam setiap aspek kehidupan kita.
Seorang pemain sepak bola diharuskan memiliki skill dalam bermain bola. Selain itu banyak skill lain yang harus dimiliki oleh seorang pemain sepak bola. Tapi ada hal penting yang juga harus dimiliki oleh seorang pemain yaitu, skill untuk mampu bekerja sama dalam tim, kepemimpinan, dan lain sebagainya.
Kemampuan seperti itu lah yang dinamakan softskill. Softskill itu sendiri memiliki fungsi sebagai pondasi dasar dalam diri seseorang. Sikap dan karakter seseorang akan menjadi baik bila softskill yang dimiliki juga baik.
Kerja sama tim dalam bermain bola sangat penting. Karena apabila ada yang bersikap egois dalam bermain maka bisa dipastikan bahwa kerja sama dalam tim akan kaqcau dan dapat menyebabkan kekalahan dalam suatu tim.
Kemampuan untuk berpikir jernih juga dibutuhkan dalam membuat keputusan. Bukan hanya pemain yang sbaiknya memiliki kemampuan ini, tetapi juga pelatih dan manager dalam tim tersebut. Kemampuan ini akan dapat membantu apabila tim dalam keadaan terdesak, sehingga keputusan yang diambil tidak akan semakin menyulitkan keadaan yang ada.
Kiranya sedikit contoh penggunaan softskill dalam piala eropa kemarin. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Depok, Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar