Jumat, 20 Juli 2012

Motivasi Teori : Di level mana kamu?


Di dunia ini ada beragam macam manusia. Ada yang mampu mewujudkan mimpinya dan ada pula yang tidak mampu mewujudkannya. Untuk mewujudkan mimpi itu dibutuhkan banyak usaha dan tenaga. Yang paling penting adalah orang yang ingin mewujudkan mimpinya harus memiliki motivasi.


Definisi Motivasi
Motivasi menurut Wikipedia adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Motivasi dibutuhkan agar seseorang dapat mencapai tujuannya dengan baik.
Tingkatan motivasi dibagi 3 yaitu : political motivation, emotional motivation and spiritual motivation. Setiap tingkatan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu muncul pertanyaan baru, di tingkatan manakah motivasi kita?

Motivasiku
Bila ditanya soal motivasi seseorang, pasti akan muncul berbagai jawaban. Tapi yang ingin saya jelaskan disini adalah motivasi saya sendiri. Menurut saya, motivasi saya dalam mengerjakan berbagai tugas dan dalam mencapai target masih berada di tingkatan emosional motivasi.
Dimana pada tingkatan ini peranan emosi sangat berpengaruh dalam memberikan motivasi kepada kegiatan saya. Sikap yang sangat bergantung kepada emosi ini sangat memiliki kekurangan dibanding dengan motivasi tingkatan yang lain. Karena apabila emosi pada diri sendiri sedang tidak mendukung maka sebagian besar perkerjaan kita akan tertunda. Akan tetapi bila emosi yang ada pada diri mendukung sehingga ada motivasi yang besar dalam mengerjakan sesuatu, maka untuk mengerjakan hal yang ingin diselesaikan dapat dikerjakan dengan cepat.
Sebenarnya menurut saya yang paling penting adalah apapun itngkatan motivasi kita, sebelum melakukan sesuatu harus di dahului oleh doa kepada Allah.

Depok, Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar