Sabtu, 21 April 2012

Masuknya Perusahaan Asing di Indonesia dan Dampaknya



Negara Indonesia merupakan Negara yang dikaruniai dengan beragam kekayaan alam yang melimpah. Mulai dari sumber daya bahan mineral, hingga rempah-rempah yang sangat dicari oleh Negara-negara tetangga ada di Indonesia. Tidak salah jika Negara ini menjadi bahan perebutan investasi oleh pihak luar.
Dengan adanya investasi dari pihak luar, berarti Indonesia sudah membuka gerbang ke dunia globalisasi dimana peran indivual terhadap kesuksesan dirinya sangat besar. Orang tidak lagi bisa mengandalkan pemerintah untuk membantu dirinya menggapai kesuksesan. Tapi setiap orang harus mampu membuat sendiri jalan kesuksesan mereka.
Masuknya beragam perusahaan asing ke Indonesia juga menjadi modal penting bagi Indonesia. Karena dengan masuknya mereka, nama Indonesia akan semakin terangkat di perekonomian dunia sehingga berdampak semakin banyaknya kerja sama yang terjalin antara Negara luar dengan Negara Indonesia.



Secara keseluruhan masuknya investasi asing ke Indonesia sangat menguntungkan. Tapi tentu saja hal ini harus disertai dengan pengawasan dari pemerintah dalam setiap proses yang terjadi di wilayah Negara Indonesia. Tanpa adanya pengawasan yang ketat terhadap setiap kerja sama yang terjalin. Akan menyebabkan terjadinya pengeksploitasi dan monopoli sumber daya alam Indonesia oleh pihak asing. Hal ini tentu akan merugikan Indonesia sebagai pemilik sumber daya tersebut.

Kita ambil contoh tentang PT. Freeport yang sudah lama beroperasi di wilayah timur Indonesia. Karena kurangnya pengawasan dari pemerintah, banyak sekali sumber daya mineral khususnya emas yang dieksploitasi oleh pihak luar. Warga Indonesia dijadikan buruh penggali emas sedangkan emas tersebut diambil dan dioleh oleh pihak luar yang pada akhirnya juga akan dijual kembali ke Negara ini. Dibandingkan dengan penghasilan para buruh yang sangat kecil, tentu keuntungan yang didapat perusahaan sangat besar. Hai ini menjadi dilema di Negara kita sendiri.

Pihak pemerintah yang seharusnya memiliki kontrol terhadap segala sumber daya alam di bumi Indonesia seakan dibutakan oleh kepentingan pribadi mereka. Andaikan Indonesia sendiri mampu mengolah dan mengembangkan sumber daya alam ini, pasti banyak sekali keuntungan yang akan dicapai sehingga Indonesia mampu untuk menaikkan taraf kesejahteraan di Negara ini.

Peran Perusahaan asing di Indonesia memiliki sisi positif dan negative. Sisi positifnya adalah semakin terbukanya akses untuk warga Indonesia belajar di luar negeri dan berkarir di dunia internasional. Serta semakin dikenalnya nama Indonesia dalam dunia globalisasi. Sedangkan sisi negative dari masuknya pihak asing di Indonesia adalah maraknya pengeksploitasian sumber daya kita yang keuntungannya sangat kecil untuk Negara ini bila dibandingkan dengan keuntungan yang dicapai oleh pihak perusahaan asing. Kecilnya pajak dan nilai yang harus diserahkan ke Negara membuat Negara ini makin merugi dengan setiap kontrak kerja sama yang dilakukan.

Oleh karena itu, kita sebagai pihak generasi penerus harus mampu mengolah dan mengembangkan Negara ini sendiri tanpa bergantung terhadap belas kasih dan bujuk rayu pihak asing. Menjadi mandiri di Negara sendiri dan mampu bersaing dikancah dunia adalah hal mutlak yang harus ada dalam diri seorang penerus Negara ini.

Depok, April 2012.

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar