Sabtu, 21 April 2012

Banjir + Macet = Infrastruktur Indonesia !!!

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..

Banjir kembali melanda beberapa wilayah di Indonesia. Rasanya kalimat ini bukan lagi hal baru di telinga warga Indonesia khususnya warga Jakarta. Dengan segala kemewahan dan beragam fasilitas yang disediakan di Jakarta ternyata menyisakan banyak PR yang harus diselesaikan.

Banjir merupakan langganan bagi sebagian wilayah di Jakarta. Terutama di musim-musim penghujan, air kiriman dari wilayah Puncak dan Bogor menjadi musibah tersendiri bagi warga Jakarta. Jalan yang mulanya kering dalam beberapa jam akan tergenangi air hingga terkadang mencapai 1 meter.

Hal tersebut terjadi karena buruknya sistem drainase dan infrastruktur di Jakarta. Banyaknya lahan di kota yang dijadikan gedung-gedung membuat lahan resapan air berkurang sehingga berdampak kebanjiran di beberapa wilayah. Sistem drainase yang buruk pun menjadi alasan tersendiri,
banyaknya warga yang tidak memiliki kesadaran pentingnya kebersihan dan masih membuang sampah di kali, pinggir jalan dan tempat-tempat umum menjadikan tempat mengalirnya air menyempit. Semakin dangkal dan mengecilnya wilayah bantaran kali juga menjadikan alasan mengapa banjir selalu datang.

Infrastruktur di wilayah Jakarta bisa dibilang belum memuaskan. Banyaknya lahan untuk gedung perkantoran tidak disertai dengan kecukupan lahan resapan air dan fasilitas jalan yang baik. Masih banyak jalan di Jakarta yang dinilai sangat buruk untuk dilalui kendaraan. fasilitas transportasi yang masih kurang aman dan nyaman menjadi alasan beberapa orang memilih membawa kendaraan pribadi dari pada menaiki angkutan umum.

Semakin banyaknya kendaraan pribadi yang digunakan bila tidak disertai sistem yang baik akan menimbukan kemacetan yang sangat panjang. Karena itu segala upaya dalam perbaikan infrastruktur sangat dibutuhkan. Mulai dari hal transportasi, kebersihan dan sebagainya menjadi tugas yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

Hal ini juga berdampak terhadap turun dan naiknya investasi di Negara ini. Semakin bagus sistem dan infrastruktur di suatu tempat tentunya akan menimbulkan perasaan aman dan tenang kepada para investor baik local atau internasional untuk menanamkan modal di Indonesia.

Sebaiknya pemerintah memperhatikan betul tentang infrastruktur Negara ini. Karena selain sangat krusial bagi kelancaran hidup juga sangat potensial untuk menaiknnya perekonomian Negara. Sehingga masalah infrastruktur tidak bisa dianggap sepele apalagi dianggap tidak penting.



Depok, April 2012

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar