Selasa, 20 Maret 2012

Peran Sistem Informasi dalam Pembangunan

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sesuai judul di atas, kali ini saya akan membahas mengenai peranan sitem informasi dalam pembangunan. Tapi sebelumnya kita kenalan dulu deh sama sistem informasi itu.


DEFINISI

Sistem itu sendiri menurut Wikipedia berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.


Pada prinsipnya, setiap sistem selalu terdiri atas empat elemen:
  • Objek, yang dapat berupa bagian, elemen, ataupun variabel. Ia dapat benda fisik, abstrak, ataupun keduanya sekaligus; tergantung kepada sifat sistem tersebut.
  • Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
  • Hubungan internal, di antara objek-objek di dalamnya.
  • Lingkungan, tempat di mana sistem berada.

Sedangkan informasi menurut Wikipedia kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan". 

Sistem informasi itu sendiri adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.


PERANAN SI

Apa ya kira-kira peranan dari Sistem Informasi itu sendiri? Kira-kira sejauh apa ruang lingkup bidang SI dalam pembangunan? Dan penting atau tidak ya penanannya? 
Eitss, banyak pertanyaan ya? Haha, jangan khawatir. Insya Allah semua pertanyaan ada jawabannya. Tinggal pintar-pintar kita mencari jawabannya saja. 

Seperti yang diterangkan sebelumnya tentang definisi SI, peranannya pun tidak jauh dari apa yang telah di definisikan. Penanan SI itu sendiri lebih menjurus ke arah managemen sistem dan perancangan sistem. Hal ini termasuk penting dalam sebuah perancangan pembangunan di suatu negara atau di suatu perusahaan. 
Bidang SI sendiri yang memiliki cakupan ruang yang sangat luas menjadikannya fleksibel dalam mengambil bagian dalam pembangunan. Tidak hanya dibidang teknologi informasi, SI itu sendiri juga menyebar ke bidang ekonomi, kesehatan, politik, dsb. 

Makin berkembangnya teknologi, memaksa pihak pengembang (developer) untuk bersaing menggunakan terknologi yang telah berkembang. Hal ini digunakan untuk memudahkan proses yang biasa dilakukan secara  manual ke arah digital. Peran SI disini untuk membuat sistem dan merancangnya sehingga program atau aplikasi atau perangkat yang digunakan itu akan memiliki efisien tinggi dan memudahkan penggunanya.

Contoh SI dalam bidang ekonomi :
1. Dalam pembuatan sistem perbankan secara komputerisasi
2. Program audit dengan menggunakan komputer
3. Fasilitas ATM
4. dll

Contoh SI dalam bidang Kesehatan :
1. Pendeteksi Kehamilan
2. Sistem administrasi di RS
3. Layanan 24 di RS
4. dll

Contoh SI dalam bidang politik & budaya :
1. website pemerintahan
2. voting online 
3. dll

Peranan SI itu sendiri tidak terlepas dari peran-peran bidang lain. Sehingga dalam peranannya SI akan selalu terkait dengan bidang-bidang lain yang akan dijadikan tujuan pembuatan sistem tersebut.

Semoga dengan sedikit penjelasan ini dapat memberikan gambaran mengenai peranan SI dalam kehidupan kita. Dan dengan hal ini dapat memacu kita untuk terus berkontrobusi membangun negeri ini menuju ke arah  yang semakin maju.

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar