Jumat, 02 Maret 2012

PI-ku : Aplikasi Simulasi Fisika

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh..

Postingan yang sekarang ini berhubung dikasih tema tentang penulisan ilmiah, jadi aku cerita tentang bahan penulisan ilmiahku saja ya. Di kampusku setiap mahasiswa yang sudah ada di semester 6 mendapat tugas untuk mengerjakan semua penulisan ilmiah yang akan dipertanggung jawabkan penulisannya disidang PI. Tapi untuk itu para mahasiswa sebelumnya dibimbing dulu oleh dosen pembimbing yang ditunjuk. 

Aku akan menjelaskan sedikit tentang penulisan ilmiahku. Insya Allah, aku berencana untuk membuat sebuah aplikasi simulasi pembelajaran fisika untuk pelajar tingkat SMP-SMA. Dimana aku mengkhususkan untuk simulasi pada GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) dan GLB (Gerak Lurus Beraturan). Pembuatan tulisan ini direncanakan akan menggunakan macromedia flash sebagai bahan pembuatnya.

Tulisan itu sendiri terilhami dari tugas yang diberikan oleh salah satu dosen di kampus. Yang secara kebetulan memberikan tugas untuk membuat sebuah aplikasi simulasi fisika yang dapat mempermudah perhitungan suatu percepatan benda. Dimana saat itu aku dan kelompokku membuat sebuah simulasi bergerak tentang GLBB. 
GLBB itu sendiri memiliki rumusan vt = v0 + a. t   dan GLB memiliki rumusan S = S0 + v . t  



Gambar di atas adalah salah satu contoh dari layout yang membahas tentang GLBB dan GLB, yang aku dapat dari salah satu blog di google. Insya Allah aku juga ingin membuat aplikasi simulasi untuk PI itu agar memiliki tampilan yang user friendly dan menarik. Kan biar gampang dimengerti, karena mengingat aplikasi ini ditujukan untuk anak sekolah tingkat SMP-SMA. 

Harapannya sih semoga dengan adanya aplikasi simulasi ini dapat mempermudah  pembelajaran bagi anak-anak terutama dalam bidang fisika. Jadi nggak ada lagi kata benci pada fisika. :)
Untuk lebih lengkapnya tentang tulisan ini, Insya Allah nanti aku posting lagi. Karena ini semua masih berupa rencana yang masih butuh pengembangan.

Sekian dulu rasanya postingan ini. Mohon maaf malah jadi curhat :)
Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.. 
Semangat !!













1 komentar:

Diego Ramadhoni mengatakan...

Assalamu'alaikum Warahmatullaah Wabarakaatuh.

Sepertinya, ada ide untuk merogoh sedikit uang disakunya untuk membeli software fisika.

Semoga dipermudah oleh Allah penulisan ilmiahnya...

Aamiin.

Posting Komentar