Rabu, 15 Mei 2013

Etika Berkomunikasi Dalam Sosial Media

Hampir semua orang saat ini menggunakan sosial media sebagai sarana untuk berkomunikasi. Tidak dimungkiri lagi dengan semakin mudahnya seseorang untuk mengakses internet akan samakin meningkat pula pengguna internet di dunia.

Dalam menggunakan social media sendiri kita harus tahu batasan atau etika dalam berkomunikasi. Karena tidak memungkinkannya untuk bertemu muka dengan pihak lain, maka apa yang kita tulis di social media seringkali dapat menjadi boomerang sendiri untuk kita.

Nah berikut ada beberapa tips untuk berkomunikasi yang baik dalam social media :

1.     Gunakan tanda baca yang baik dan benar
Kenapa hal ini penting? Karena tanda baca yang kita pakai akan mewakili intonasi bicara kita di dalam berkomunikasi di social media. Apabila terlalu banyak menggunakan tanda seru umumnya orang akan mengganggap lawan bicaranya sedang marah atau kesal.

2.     Hindari penggunaan huruf besar
Umunya huruf besar akan mewakilkan emosi atau kemarahan. Sehingga lawan bicara kita akan melihat bahwa kita sedang marah atau emosi.

3.     Jangan mencampur penulisan huruf dengan angka dalam sebuah kalimat
Seperti 4ku d1s1n1 hal ini akan mempersulit lawan bicara kita untuk memahami maksud pembicaraan kita. Lagipula hal itu akan terkesan kita tidak dewasa dalam bersikap

4.     Ketahui kapan waktu yang tepat untuk bercanda
Seringkali saat kita berada dalam sebuah forum, secara tidak sengaja kita bercanda tetapi hal tersebut malah memperkeruh suasana. Jadi berhati-hatilah dengan apa yang kita tulis.

5.     Jangan mengumbar informasi pribadi di internet
Hal seperti tanggal lahir, alamat rumah, no telpon, nomor rekening atau password. Hal tersebut bisa saja disalahgunakan oleh orang lain yang berniat buruk terhadap kita

6.     Bijaksana dalam menulis di social media
Jangan karena kita tidak bertemu muka dengan lawan bicara lantas kita bisa mengumbar begitu saja banyak kata. Katena apa yang kita tulis akan mempresentasikan seperti apa kita ini.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat ^^


Depok, Mei 2013





Tidak ada komentar:

Posting Komentar