Rabu, 24 Oktober 2012

Compiere : Sales Order

Compiere adalah sebuah software ERP (Enterprise Resource Planning) yang pertama kali bersifat open source alias free dan paling popular digunakan saat ini. Compiere yang dibangun dengan menggunakan Java J2EE ini dapat dijalankan di berbagai platform seperti windows, linux, dll.


Compiere dirancang untuk industri yang bergerak dibidang jasa, distribusi dan retail. Terdapat fungsi dasar dari Managemen material serta termasuk juga Manufacturing Planning meskipun dalam skala terbatas. Tidak ada fungsi manufaktur seperti Shopfloor kontrol dan Full MRP.


Compiere adalah untuk perusahaan kecil dan menengah (SME), seperti halnya perusahaan tunggal, untuk rangkaian distribusi, outlet dari sebuah manufaktur, franchises dll.

Pada Compiere terdapat modul Sales Order. Dimana merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan. 


Sales order terdiri dari beberapa sub menu, seperti market place, sales order, quote convert, reprice order / invoice, generate PO from sales order, reopen order, open order, open transaction, distribution list, distribution run, dan subscription.

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas sedikit tentang market place. 

Market place merupakan modul untuk membantu mengelola pangsa pasar yang biasa dipakai oleh perusahaan jika akan melelang produknya. Market place terdiri dari:

1. Bid Topic
Modul untuk mengelola item pada suatu pelelangan dan untuk melihat penawaran yang diajukan klien dalam pelelangan.

2. Auction Seller
Modul untuk mengelola informasi tentang para penjual

3. Auction Buyer
Modul untuk mengelola informasi para pembeli yang ikut pelelangan. 

sehingga modul market place cocok digunakan oleh perusahaan yang melakukan transaksinya dengan melelang produk mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar